Review The Roundup [2022]

copywriter
21 Jan 2023
Review The Roundup [2022]

Notif: dalam review The Roundup kali ini mengandung sedikit spoiler yang mungkin akan mengganggu. Jadi, bagi kamu yang tidak suka dengan bocorannya mending skip dulu, ya.

Mungkin para penggemar film Korea sudah tak asing dengan aktor bernama Ma Dong-seok a.k.a Don Lee. Benar, aktor Amerika yang kini berbasis di Korea Selatan pernah bermain dalam film MCU, Eternals [2021] itu memang populer dengan film bergenre action. Di pertengahan tahun 2022 lalu, Ma Dong-seok datang kembali dalam film Korea dengan judul The Roundup yang tidak lain adalah sekuel dari film The Outlaws [2017].

Sinopsis dan Review The Roundup

Ma Dong-seok yang berperan sebagai detektif Ma jadi perbincangan hangat selepas dia sanggup melumpuhkan salah satu kriminal kota. Insiden itu justru membuat atasan dari Unit Kejahatan Besar Polisi Geumcheon menjadi jengkel. Kemudian detektif Ma di beri tugas untuk datang ke Vietnam guna memulangkan buronan Korea yang sebelumnya melarikan diri.

Di temani sang kapten Jeon Il Man [Choi Gwi Hwa], akhirnya detektif Ma tiba di sana. Keduanya pun di sambut dengan ramah oleh sosok Jang Sung Cheol yang menjadi seorang ekskutif dari Korea untuk Vietnam.

Lalu, kapten Jeon Il Man dan detektif Ma sampai di kantor Jang Sung Cheol. Mengetahui bahwa ada seorang buronan yang menyerahkan diri menggunakan alasan janggal, detektif Ma merasa kalau ada yang tak beres.

Kisah Detektif Ma Dengan Keahlian Beladirinya

Kemudian dia coba menggali informasi lewat buronan yang ternyata menyerahkan diri itu. Dalam review The Roundup ini, detektif Ma menemukan jika ada peristiwa pembunuhan berantai yang di dalangi Kang Hae Sang [Son Seokgu]. Selama ini dia sudah mengincar turis asal Korea agar bisa memeras harta benda mereka.

Coba menggali informasi yang lebih detail, Ma kemudian menghubungi rekannya bernama Gasoline, yakni orang Korea yang sedang tinggal di Vietnam. Dari informasi yang di berikan Gasoline, detektif Ma berhasil menemukan petunjuk baru tentang Kang Hae Sang yang saat ini di incar pembunuh bayaran, anak buah Choi Chun Baek.

Di ketahui bahwa belakangan ini Kang Hae Sang menghabisi nyawa Choi Yong Ki, bawahan Chun Baek.

Saat Ma sanggup menemukan lokasi persembunyian Hae Sang, ia menyadarai sudah terlalu banyak korban meninggal. Lalu, Ma menemukan Hae Sang yang akan melarikan diri dan kemudian keduanya berkelahi.

Akan tetapi, Hae Sang masih bisa melarikan diri. Ma beserta kapten Il Man lalu di deportasi lantaran melakukan kegiatan ilegal, yakni mencoba menyelidiki kasus kejahatan yang ada di Vietnam.

Ketika sampai di Korea, Ma melanjutkan penyelidikan Hae Sang yang besar kemungkinan ikut melarikan diri di Korea. Tapi kali ini, Hae Sang kembali menculik beberapa orang dan memeras harta benda si korban.

Detektif Ma sendiri hanya punya waktu sedikit agar bisa menangkap Hae Sang. Lantas, bagaimana cara Ma beserta beberapa rekannya menangkap tersangka peristiwa pembunuhan berantai tersebut?

Film Action-Comedy dengan Cerita Ringan

Film ini mengambil latar 4 tahun pasca film pertama selepas Ma sukses memecahkan konflik kriminal yang ada di Garibong-dong. Sama dengan film pertama, review The Roundup tetap mengambil tema action-comedy. Selama film berlangsung, para penonton akan mendengar celotehan kocak detektif Ma ketika tengah berhadapan dengan beberapa kriminal.

Tapi kali ini, permasalahan utamanya boleh di bilang mengambil konsep peristiwa penculikan beberapa turis yang kerap muncul di sebagian negara Asia Tenggara. Permasalahan ini pun di kemas apa adanya seperti sejumlah film berkonsep kriminal tanpa di sisipi oleh isu politik atau hal-hal lain.

Hal tersebut membuat alur cerita The Roundup terbilang ringan dan juga tidak ada yang terlalu spesial. Tapi, kemunculan alur ringan itu malah membuat para penonton lebih mudah untuk mencerna sehingga dapat lebih fokus dalam scene aksi yang jadi pertunjukan utama dalam film ini.

Di samping itu, sebenarnya penonton tidak harus melihat The Outlaws lebih dulu supaya tahu tentang plot dari film ini. Pasalnya, masalah utama antara keduanya tidak saling terhubung. Hanya saja, sebagian penonton mungkin tidak akan tahu beberapa referensi maupun kedatangan karakter dari film pertama yang dihadirkan kembali disini.

Scene Pertarungan Tergolong Memuaskan

Film action yang didalamnya ada Ma Dong Seok yang menjadi karakter utama selalu menawarkan scene pertarungan yang epik. Hal tersebut juga ikut tersaji dalam review The Roundup yang punya rating 17+. Alhasil, scene aksi di filmnya ini tidak terhalang rating sehingga dapat menunjukkan beberapa adegan pertarungan brutal, bahkan sampai membuat ngilu penonton.

Tapi, adegan yang begitu memuaskan penonton di film ini akan selalu tersaji ketika detektif Ma menghadapi para kriminal. Terlebih lagi, saat Ma menonjok kriminal menggunakan lengannya yang besar sehingga membuatnya langsung tidak sadarkan diri dengan sekali pukul. Lebih lucunya lagi, untuk sebagian kriminal yang sebelumnya pernah berurusan dengan Ma, nyali mereka langsung ciut.

Bagi kamu penggemar berat Ma Dong Seok pasti akan merasa terpuaskan selepas menonton The Roundup. Ibaratnya, pertunjukan yang di tawarkan oleh Don Seok disini seperti karakternya di film Eternals sebagai Gilgamesh.

Peristiwa Pembunuhan Berantai

Awalnya, kasus yang ditangani oleh Ma merupakan kasus mengenai seorang buronan yang ternyata melarikan diri sampai ke Vietnam. Oleh karena itu, ma diberi tugas “menjemput” dia dan dipulangkan ke negara asalnya, Korea.

Tapi, konflik dalam review The Roundup yang dihadapi Ma tidak semudah itu. Saat sudah sampai di Vietnam, Ma kembali menemukan kasus yang ternyata lebih besar, yakni insiden pembunuhan berantai. Saat tengah menyelidiki petunjuk pertama, ditemukan 4 mayat dengan peristiwa yang sama.

Walau saat di Vietnam Ma tidak punya kuasa menangani kasus ini, namun jiwanya sebagai seorang penegak hukum terus bergejolak. Walaupun dilarang, tapi Ma tetapp melanjutkan penyelidikan kasus itu.

Benar saja, peristiwa ini nyatanya lama dilakukan Hae Sang yang jadi villain utama. Hae Sang menculik si korban agar bisa mendapatkan utang, kemudian langsung membunuhnya saat sudah mendapatkan apa yang dia inginkan.

Pertunjukan Son Seok-koo Sukses Besar

Selain perfora Ma Dong-seok, ada aktor yang sanggup mencuri atensi di film ini. Aktor tersebut bernama Seon Seok-koo yang menjadi musuh utama, yakni Kang Hae-Sang. Di review The Roundup, Hae Sang merupakan kriminal kelas berat yang sudah membunuh puluhan turis Korea hanya untuk merampas uang.

Son Seok-koo sendiri sukses menunjukkan taringnya sebagai Hae Sang. Kemunculannya sebagai musuh utama yang sedikit kalem, namun mematikan berhasil membuat jantung para penonton berdegup kencang ketika dia memegang sebilah pisau. Apalagi, Hae Sang terlihat begitu menikmati ketika adegan membunuh beberapa orang dengan cara teramat sadis.

Akhir kata, melalui alur cerita yang ringan, film The Roundup sanggup menjadi film action yang berhasil memberi rasa puas setelah menyaksikannya. Film yang satu ini wajib banget untuk kamu tonton, terlebih kamu yang ngefans dengan aksi laga ataupun sedang membutuhkan tontonan dengan penuh aksi.

Comments